Jumat, 06 Januari 2012

Chef Cinta


Kali ini saya mau share cerpen punya temen saya. Namanya Anggi, dia juga seorang K-pop lover sama kayak saya(ngaku-ngaku) . dia itu demen banget sama yang namanya Park Jung Min, beda tipis sama saya yang addict sama Park Jung Soo (perasaan beda jauh ya???LoL) .saya udah ijin sama dia dan diijinin selama yang saya post bukan yang MR Simple. Ok lanjut, sebenarnya ada banyak banget cerpen dia di netbook saya. Tapi saya post ini dulu. Ntar kapan-kapan saya post yang lainnya. oh ya, saya sama sekali ngga ngerubah apapun di cerpen ini kecuali nambahin kata pengantar. Jadi maaf kalo banyak typo. Ok, RCL ya.
==============================================================
Gue sebagai cewek, wajar aja kalo gue suka banget dengan yang namanya memasak. Gue termasuk anak salah satu Universitas swasta di Jakarta, gue ambil fakultas perhotelan jurusan dapur. Selain karena sekolah gue, juga karena hobby dan cita-cita gue, itu yang buat gue dengan yang namanya memasak. Tapi gue bingung, setelah ini gue akan nglanjutin ke jenjang s2, atau mau kerja.
***
Di kantin kampus, gue merasa tenang. Ngelepasin diri dari buletin-buletin tentang masa depan gue.
“ abis ini lo mau kemana? Mau kerja? Ato mau kuliah lagi? “ Tanya Fisma, teman dekat gue.
“ gue juga gak tau. Gue mikir nanti-nanti aja kalo udah selesai wisuda ! “ ujar gue cuek.
“ ah, lo. Ditanyain malah di cuekin “ ucap Funny.
***
Hari ini gue dapet tantangan untuk bisa deketin cowok yang bisa buat cewek-cewek jadi melting, kayak Gikwang B2ST. Dia adalah anak yang susah untuk dideketin ama anak yang gak sederajat ama dia. Dia adalah Verly Aditya Cristianando. Jangankan untuk jadikan dia pacar, untuk deketin dia aja susahnya hampir mati. Gimana gue mau deketin dia, karena dia adalah anak yang gak suka dengan yang namanya memasak, tapi dia suka makan, aneh tapi lucu juga.
Ternyata dia ama temen-temennya lagi ada di lapangan basket. Dia aktif untuk bidang olah raga. Makanya, setiap pagi dia rajin ke kampus hanya untuk olah raga. Bukan hanya olah raga, di kampus dia termasuk anak yang pintar dengan bidang akademik. Bagi cewek yang lain, dia adalah cowok yang perfect, tapi bagi gue dia bukan cowok yang perfect karena dia gak suka yang namanya memasak.
“ lo ngapain di sini? Ada kuliah pagi? “ Tanya Andreas, teman Verly.
“ gak. Gue Cuma nungguin temen gue untuk belajar resep baru di dapur kampus “ jawab gue cuek.
“ohh.. jadi lo anak perhotelan? Kalo lo emang bisa masak, lo bakal gue jadi’in koki pribadi gue “ujar Verly.
Tanpa pikir panjang, gue langsung melesat ke dapur. Gue buat roti bakar isi apel selai nanas dan grape milk.
***
“ masakan lo enak. Lo mau trima tawaran gue? Lo dapet gaji, makan ‘n jalan-jalan gratis. Gimana? “ ucap Verly. Segampang itukah dekat dengan Verly?
“ oke. Gue terima. Apa yang harus gue lakukan? “ Tanya gue.
Gue kerja dengan Verly, jika gue lagi gak ada jam kuliah. Karena saat jam kuliah,ada penggantinya. Gue cukup untuk ngikutin kemana Verly pergi (bukan asisten, karena untuk barang-barangnya udah ada yang pegang), gue hanya masakin Verly da teman-temannya.
***
Hari ini gue lagi gak ada jam kuliah. Dan gue ambil cuti selama kurang labih 2-3 hari. Karena hari ini gue akan pergi ke Wonosobo, Jawa Tengah. Gue bukan hanya satu-satunya cewek, gue juga ditemani Isha, adik cewek Verly.
Sampe di tempat tujuan, sebelom gue disuruh Verly, gue langsung menuju dapur villa yang di sewa Verly. Untuk sarapan, gue buat nasi goreng telur puyuh dan apple tea manis.
“ kata kak Verly, masakan kakak enak. Benar? Oya, kakak suka ama kak Verly? “ Tanya Isha, yang membuat gue kaget.
“ kakak hanya berteman dengan kak Verly, gak lebih. Itupun kalo kak Verly menganggap kakak sebagai teman “ ucap gue.
Ternyata saat gue ngobrol dengan Isha, Verly lagi ada di balik pintu. Gue pura-pura gak ngeliat.
***
Selesai makan, gue mengasingkan diri di pinggir kolam renang. Gue gak mau ikkut gabung genknya Verly.
“ kenapa lo gak ikut gabung? “ Tanya Verly mengagetkan gue.
“ gak apa-apa. Cuma malez aja… “ jawab gue menyadarkn diri.
“ emm, thanks ya lo udah anggap gue sebagai temen gue, tapi maaf kalo gue belum bisa anggap lo temen. Karena gue… “ ujar Verly.
“ itu semua butuh waktu. Lo kan majikan gue, kenapa lo harus anggap gue temen lo. Gue masuk ya, disini dingin “ ucap gue.
***
Malam ini gue berfikir bahwa deketnya gue dengan Verly bukan karena kemauan gue. Tapi karena permintaan Verly. Tantangan ini murni keluar dari mulut Fisma. Gue terima tantangan ini, karena yang jadi taruhannya menarik. Siapa yang kalah harus mengadakan lomba masak.
Gue gak tau kenapa Verly mau curhat ama gue. Verly curhat kenapa Verly gak suka dengan yang namanya memasak.
“ lo kedinginan? Sory ya kalo gue ajak lo ke tempat sedingin ini “ ujar Verly.
“ gak seberapa dingin. Itu bukan salah lo, itu resiko kerjaan gue “ jawab gue dengan menyeruput teh hangat.
Ternyata, Verly gak suka dengan yang namanya memasak. Karena waktu kecil dia gak sengaja tersiram air panas. Dan itu yang membuat dia harus operasi plastik karena gak mau tubuh idealnya yang seperti Nickun 2pm, ternodai bekas air panas.
***
Hari ini gue dan kawanan Verly pulang ke Jakarta. Karena Verly ada agenda penting. Walaupun hanya 2 hari 1 malam, tapi gue tetep menikmati tantangan dan kerjaan gue. Gue hanya berharap bahwa Verly bisa menganggap gue sebagai teman. Kalaupun gue gak bisa jadian ama Verly, tetep aja gue yang menang atas tantangan ini.
***
Kemarin gue baru aja pulang dari Wonosobo. Dan hari sekarang gue udah balik lagi ke kampus.
“ gimana kabar lo? N gimana tantangannya Fisma? “ Tanya Funny yang duluan ada di kelas.
“ gue baik-baik aja. N tantangan itu masih berjalan. Emangnya kenapa? “ Tanya gue.
“ gak apa-apa. Gue Cuma Tanya “ ucap Funny setengah jengkel.
Ternyata, kepulangan gue dari Wonosobo malah menimbulkan berita mengagetkan. Yakni, Verly udah tau bahwa gue ada tantangan dari Fisma. Dan sebelum Verly nyamperin gue, gue langsung melejit nemuin Verly di lapangan basket. Gue harus ngomong apa?
“ gue udah tau bahwa lo ada tantangan untuk ngedeketin gue. Tapi lo tenang aja, karena gue gak akan mecat ‘n marahin lo. Kenapa? Karena gue udah gak punya koki selain lo “ucap Verly dengan memutar bola basketnya dengan tangan kirinya, yang beli di Singapura.
Huh… gue hanya bisa menunduk malu.
***
Gak tau kenapa. Hari ini gue malez banget untuk ke kampus. Padahal hari ini adalah hari dimana gue belajar resep baru dari dosen. Karena gue terbujuk oleh rayuan Isha, gue mau aja. Walaupun gue dengan Isha adalah pembantu dan majikan, juga beda kelas, tapi Isha sering ikut kelas gue. Katanya sich seru belajar memasak. Kalaupun gue lagi ngikutin Verly, gue pasti dimintain untuk ngajarin Isha masak.
Nasib, nasib. Udah berangkat terpaksa, ternyata dosennya gak dateng. Tapi ada tugas, yaitu belajar mengkreasikan resep baru yang kita punya. Kalo gue sich ogah banget. Setiap gue ke dapur, pasti nemuin resep baru. Lagi asyik ngegosipin Lee Min Ho, tiba-tiba gue dipanggil Verly untuk datang ke lapangan basket. Ngapain? Verly kan tau, kalo gue lagi ada kelas, (walaupun gak ada dosen). Dengan rasa penasarran, gue langsung pergi ke lapangan basket.
“ sekarang, lo ama gue dipanggil ke ruangan dosen dapur lo itu? “ kata-kata Verly yang semakin buat gue jadi bingung. Ada apa?
***
Ouw. Ternyata. Kejutan yang hampir buat jantung gue hampir copot. Gue dapat beasiswa untuk kuliah di Italia, tempat Pasta dilahirkan. Wow! Dan itupun berkat kata-kata Verly yang udah ngeyakinin dosen gue bahwa gue pasti bisa. O,,, jadi ini alasan dosen gue gak masuk kelas.
***
Tanpa gue sadari untuk menghitung hari, ternyata hari ini gue udah harus berangkat ke Italia. Gue harus ninggalin temen gue, keluarga gue, dan kondisi panas dan macetnya Jakarta. Saat ini gue lagi ada di bandara Soekarno-Hatta, untuk nungguin pesawat. Gue gemetaran, bukan karena takut naik pesawat karena gue udah berkali-kali naik pesawat. Tapi karena gue harus pergi dengan orang yang bukan keluarga gue.
Detik demi detik, waktu semakin mepet. Kesempatan ini gue gunakan untuk berpelukan dengan mami papi, dan temen-temen gue. Gue ke Italia bersama dengan Verly, Isha dan Andreas. Sebelum gue berjalan lebih jauh lagi, gue ngasih tau temen-temen gue bahwa gue menyukai Andreas.
***
Sampai di Italia. Gue agak loyo. Dingin banget, karena ini adalah musim dingin. Gak apalah, pengalaman. Rombongan Verly termasuk gue tinggal disebuah apartemen di Ibukota Italia, gue gak tau apa namanya, karena gue gak suka dengan yang namanya sejarah. Untung gue bisa bahasa Inggris, memungkinkan gue untuk berkenalan dengan orang Italia.
“ kita akan kuliah 4 hari lagi, jadi kita bisa jalan-jalan dulu “ ungkap Verly.
Verly ngajak rombongannya ke sebuah restaurant, gue gak tau apa nama restaurant itu. Wow. Gue pengen ikut belajar masak, tapi dilarang Verly, karena kita kesini untuk makan bukan untuk belajar.
***
Malam hari di Italia cukup menyenangakan. Melihat pemandangan malam lewat teras apartemen yang ada di daerah tinggi. Indah sekali, sambil nikmatin jagung bakar dan teh manis ala Indonesia. Verly kali ini agak nyebelin, yang di bahas masalah pribadi, yakni pasangan idaman. Karena kita masih pada jomblo. Sambil ngobrol, gue ngirim pesan ke Fisma.
“ gue udah lumayan dekat ama Verly, apa menurutmu itu kurang? “ Tanya gue lewat pesan singkat. Tapi gak ada balesan.
Verly bilang bahwa cewek idamannya itu harus bisa dance seperti Karena Kapoor, punya suara bagus kayak Yui dan bisa olahraga. Kalo Andreas; ceweknya harus pintar kayak Natalie Portman, dan pinter masak kayak Farra Quen. Wow? Apa gue hampir sederajat ama Farra Quen? Kalo Isha cowok idamannya; jago nyanyi kayak Jonghyun Shinne, fashionable seperti G-Dragon Big Bang dan pastinya cool ‘n manly Taecyeon 2pm. Ohh…
“ kalo gue; cakep kayak Kim Hyun Joong, imoet kayak Kim Bum ‘n Yoseob B2st, jago dance kayak Taemin Shinne dan cowok yang perfect kayak actor-aktor korea “ ujar gue senyum-senyum sendiri.gue gak tau kenapa Verly dan Isha ninggalin gue dengan Andreas.
“ emm. Sebenarnya, semenjak gue kenal ama lo, gue suka ama lo. Apa lagi semenjak lo kerja ama Verly. Gue tau bahwa tantangan lo harus bisa deketin Verly, gue gak peduli. Gue yang akan tanggung jawab untuk ngadain lomba masak “ ujar Andreas dengan menatap biru agak kehitaman langit Belanda.
“ terus? “ Tanya gue setengah paham.
“ apa lo mau jadi pacar gue? Gue bener-bener sayang ama lo, juga cinta ama lo “ ujarnya. What? Andreas nembak gue? Gue harus ngomong apa?
“ sebenernya gue juga suka ama lo. Gue gak bisa bo’ongin perasaan gue sendiri, biarlah gue kalah dalam tantangan Fisma. Gue terima lo “ jawab gue.
Gue nangis. Gue gak sadar bahwa gue udah ada di pelukan erat Andreas.
***
Hari hari gue lewatin dengan menimba ilmu di negara orang. Merasakan kasih sayangnya Andreas, berteman baik dengan Verly, dan menganggap Isha sebagai adik gue. Gak terasa ini adalah hari terakhir gue di Italia, setelah 1 tahun setengah hidup disini. Selama di Italia pun gue tetap ngasih kabar ke temen gue dan juga keluarga gue. Akhirnya…
***
Seminggu setelah kepulangan gue dari Italia, gue merasa ada yang aneh dalam hubungan gue dengan Andreas. Gue meminta tenggang waktu pada Isha untuk memikirkan konsep lomba masak, Isha memberikan waktu 1 bulan. Tapi, itu gue gunakaan untuk memikirkan ada masalah apa gue dengan Andreas yang membuat Andreas gak balez sms gue, gak angkat telvon dari gue, de el el. Kayak drama…
Hiks, hiks. Saat gue mau ngomong ama Andreas, Andreas ngomong dulu ke gue. Apa? Andreas mutusin gue? Kenapa? Apa alasannya? Apa salah gue?
“ gue udah punya cewek baru. Kita udah pacaran selama kurang lebih satu setengah tahun. Dan lo tau, cewek gue yang sekarang adalah Isha. Temen baik lo “ ujarnya.
Ya sudahlah. Mungkin bukan jodoh gue dengan Andreas. Mungkin gue akan nemuin yang lebih baik. Tapi kenapa harus Isha, belakangan ini gue berantam ama Isha karena Isha menghilangkan catatan resep masakan yang udah gue ciptain.
Gue gak jadi dapat hukuman untuk mengadakan perlombaan, karena gue masih ada kesempatan untuk deketin Verly.
***
Hari ini hari pertandingan Verly bersama tim basketnya melawan tim dari anak jurusan Jurnalistik. Gue ada tugas untuk ngikutin Verly. Tapi, jika ini adalah timnya Verly, kenapa Andreas gak ikut dalam timnya Verly? Omg? Andreas ikut timnya anak Jurnalistik. Andreas memilih gabung dengan musuh, karena pengen tau sampai mana Verly bisa bertahan di bola basket tanpa Andreas. Wow! Biar bagaimanapun tetep kelompok Verly yang menang. Dan ternyata ada motif taruhan antara Verly dan Andreas,apa? Yang namanya Verly paling demen dengan yang namanya ngumumin sesuatu.
“ hari hari kemenangan bagi team basket gue, walaupun gak ada Andreas tetep aja kelompok gue yang menang. Dan saat ini gue lagi menjalanni masa taruhan dengan Andreas, masa itu akan berakhir saat ini juga. apa kalian tahu? Hari ini gue, anak dari jurusan bisnis, ngungkapin kalo gue suka ama cinta ama Cinta Widya Anggraeini anak perhotelan ‘ Cinta, apa lo mau pacaran ama gue? ‘ semoga aja lo mau “ ungkapnya yang membuat gue kaget setengah mati. Gue gak ngurus ama omongan Verly, gue langsung tancap gas mobil menuju rumah.
***
Akhirnya gue tahu apa motif Andreas keluar dari team Verly, karena dia gak mau lihat gue setelah kita putus. Andreas ngerelain gue untuk jadi pasangannya Verly, tapi gue gak suka ama Verly. Yang lebih buat gue kaget, Andreas harus ninggalin gue pergi lagi, karena Andreaas dan Isha ngelanjutin kuliahnya di Italia lagi. Oh… harus dengan siapakah gue menyambung hati? Mungkin bukan saatnya, gue untuk punya pengganti Andreas…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar